Fanya Fanila Bukan Bagian dari JASMEV

Beberapa waktu lalu, beredar kabar hoax kalau salah seorang anggota Jasmev “tobat” dan membocorkan rahasia cara kerja Jasmev. Bahkan diupload pula sertifikatnya selama mendukung Jokowi di Pilkada DKI.

Dengan ini diklarifikasi bahwa tidak ada relawan Jasmev dengan nama Fanya Fanila ditemukan di database. Sertifikat yang diupload pun bisa dikatakan palsu karena menggunakan font berbeda dengan sertifikat Jasmev yang sudah diedarkan.

jasmev

Sertifikat yang diklaim milik Fanya Fanila

 

Silakan bandingkan dengan font di sertifikat Jasmev yang banyak digunakan.

Jika foto Fanya Fanila disearch di Google, juga akan muncul foto dari blog orang lain yang bernama Nilarquette Wonderlaand dengan nama panggilan “Enci”, bukan Fanya atau Fanila. Blog tersebut sudah mengupload foto Enci sejak tahun 2010.

Screen Shot 2015-12-15 at 8.29.52 AM

 

Jasmev juga tidak mengajarkan cara berkampanye negatif seperti yang seolah-olah ditulis Fanya Fanila sebagai tips untuk menghadapi Jasmev. Setiap relawan diberikan kebebasan untuk berekspresi selama masih dalam koridor kampanye positif atau mengklarifikasi berita negatif yang menyerang Jokowi. Sama sekali tidak ada cara rahasia Jasmev dalam berkampanye. Pada masa pilpres, materi-materi pelatihan Jasmev bisa diakses dengan bebas dan dibaca siapa saja, jadi semua orang bisa tahu seperti apa cara-cara yang digunakan Jasmev.

Dengan demikian diharapkan tidak ada teman-teman yang mempercayai berita rekaan tersebut. Jika memiliki bukti keberadaan Fanya Fanila, harap infokan nama, alamat, nomor telepon, dan akun media sosial yang bersangkutan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s