Jokowi Pastikan Jalan Lintas Batas Serawak-Sabah Rampung Tahun 2019

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jalan lintas batas yang menghubungkan antara Sarawak dan Sabah, Malaysia akan rampung pada tahun 2019 mendatang.

“Kita sekarang ini tidak lagi Jawa sentris, harus diberikan prioritas pada daerah di luar Pulau Jawa, termasuk di wilayah perbatasan,” kata Presiden saat meninjau jalan lintas Sarawak-Sabah, pada Selasa (22/3).

Berdasarkan keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden (TKP) Ari Dwipayana, percepatan pembangunan infrastruktur menjadi kewajiban pemerintah, baik pembangunan jalan tol, bandar udara, maupun pelabuhan.

Percepatan pembangunan mendorong mobilitas barang dan jasa. Presiden juga berjanji bahwa pembangunan jalan di sisi pinggir atau pembangunan jalan lintas paralel (pinggir garis batas) perbatasan di Pulau Kalimantan, yang berbatasan langsung dengan Sarawak hingga Sabah, Malaysia sepanjang 1.900 km akan beroperasi pada 2019 mendatang.

Jalan lintas paralel perbatasan adalah jalan yang sejajar dengan garis perbatasan Indonesia-Malaysia. Membentang dari ujung barat hingga ujung timur, Pulau Kalimantan. Jalur itu melintasi tiga provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, pada kesempatan itu, di antaranya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis. (beritasatu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s