Presiden Resmikan Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan infrastruktur harus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Tim Komunikasi Presiden (TKP) Ari Dwipayana melalui pernyataan tertulis, menyebutkan Presiden menekankan bahwa infrastruktur perhubungan akan melancarkan pergerakan arus barang, jasa, dan manusia dari satu daerah ke daerah lainnya.

“Dan ujungnya, rakyat akan mendapat harga barang dan jasa yang lebih murah,” kata Presiden saat meresmikan Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3).

Presiden menyatakan tujuan berbagai pembangunan infrastruktur di Tanah Air adalah untuk menghadirkan manfaat nyata bagi rakyat.

“Semua infrastruktur perhubungan diharapkan akan membuat pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar,” katanya.

Masyarakat, lanjut Presiden, juga merasakan kehadiran jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau. Keseriusan pemerintah dalam membangun jembatan ini ditunjukkan dengan pengerjaan yangk sangat cepat hingga menggunakan tiga shift, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

“Sebelum ada jembatan ini, mobil dan motor harus membayar Rp 200.000 untuk menyeberang. Artinya, saat ini masyarakat mendapat keuntungan karena tadinya bayar, sekarang tidak,” ujar Presiden.

Jembatan Pak Kasih Tayan merupakan bagian dari jalur Trans Kalimantan. Jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan itu membentang sepanjang 1.650 meter dan menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat di bagian utara dan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian selatan.

Jembatan yang memiliki dua bentang utama, yang pertama sepanjang 430 meter dan bentang kedua mencapai 1.220 meter lebarnya mencapai 11 meter.

Diharapkan nantinya jembatan itu akan menjadi salah satu objek wisata dan menciptakan multiplier effect yang menguntungkan masyarakat.

“Ke depan, kehadiran jembatan ini diharapkan akan mendorong produk-produk asli Sanggau, asli Kalimantan Barat dipasarkan di provinsi lainnya di Pulau Kalimantan,” kata Presiden. (beritasatu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s