Jokowi: Jalan Lintas Batas Sabah-Serawak Selesai 2019

JASMEV — Presiden Joko Widodo hari ini mengunjungi pulau Kalimantan untuk meresmikan Jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung soal wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur harus dilakukan dengan maksimal dan cepat, bahkan di waktu siang dan malam. Sebab ini akan berpengaruh terhadap mobilitas barang dan orang.

“Saya sampaikan, percepatan infrastruktur itu sudah wajib, harus. Baik yang namanya jalann rel kereta api, pelabuhan, airport, tidak ada kata lain selain harus cepat, sehingga nantinya kita ada percepatan mobilitas orang, barang dan jasa, dan akhirnya harga transportasi jadi lebih murah,” ujar Jokowi saat meresmikan jembatan Pak Kasih Tayan, Kabupaten Singgau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Jokowi mengatakan, saat ini tengah dilakukan pembangunan jalan lintas di pinggir Sabah-Serawak. Jokowi menargetkan pembangunan ini selesai pada 2019.

“Kenapa saya sampaikan jalan ini harus dibangun pagi, siang, malam? Sekarang ini ini barus diproses pengerjaannya sepanjang 1.900 kilometer di sisi pinggir Sabah-Serawak. Dikerjakan baik oleh Kementerian PU, kontraktor juga TNI agar cepat. Dan kita harapkan 1.900 kilometer ini akan selesai di 2019. Jadi kerja pagi, siang, malam. Memang ini panjang sekali,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, dirinya tidak mau pembangunan hanya terpusat di pulau Jawa. Dia ingin wilayah di luar pulau Jawa mendapat prioritas di bidang pembangunan. Terutama di wilayah perbatasan, yang menjadi ‘teras’ rumah Indonesia.

“Kita sekarang ini tidak Jawa sentris, yang dikerjakan infrastruktur selalu Jawa, tidak. Harus diberikan prioroitas yang di luar Jawa, perbatasan. Besok saya mau ke Entikong lagi untuk memastikan bahwa jalan yang dulu saya ke sana, sekarang seperti apa?” kata Jokowi.

“Jangan kalah dengan tetangga sebelah. Harus lebih baik. Saya sudah sampaikan ini perbatasan ini jendela kita, harus punya kebanggaan. Semuanya di situ ada kantor Bea dan Cukainya ada, semuanya di situ. Jangan mau kalah,harus lebih baik. Jangan kalah. Jalannya juga besarkan, terminalnya digedein,” tambah Jokowi.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s