Kemendikbud: Pahami Karakter Anak yang Berbeda-beda

JASMEV — Hakikatnya tujuan sekolah untuk memenuhi kebutuhan anak masing-masing individu. Menurut Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Mendikbud) Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, anak memang memiliki karakter berbeda dan pendekatannya pun tidak bisa disamakan.

“Untuk itu, mereka jelas harus dipahami dan pendekatannya harus satu per satu,” kata Ananto di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Selasa (23/3).

Ananto menerangkan kisahnya saat mengunjungi salah satu sekolah dasar di Amerika Serikat. Di sekolah tersebut, anak tidak dipaksa memasuki kelas yang tidak disukai.

Anak yang tidak menyukai matematika tapi musik akan dimasukkan ke kelas musik. Pembagian kelas di sekolah ini menyesuaikan dengan keinginan, minat dan bakat anak.

Hal serupa juga dikatakan oleh Guru Indonesia Mengajar angkatan 2011-2012, Edhy Priyatna Anugrah Surbakti. Dia meyakini setiap anak memang memiliki karakter berbeda dan bakat masing-masing. Hanya saja ini membutuhkan waktu lama bagi guru untuk bisa mendeteksinya.

Dia menceritakan saat pertama kali mengajar di salah satu sekolah dasar di daerah terpencil Kalimantan. Saat itu, Edhy mengaku sangat sulit melihat bakat salah satu anak didiknya. Bahkan, dia sempat berpikir anak tersebut memang tidak memiliki bakat apapun.

Namun kekhawatiran Edhy akhirnya berhasil hilang saat menginjak bulan kedelapan. Saat pulang jam tambahan, dia tidak sengaja melihat anak itu berenang di sungai yang cukup deras. Di situ dia menemukan bahwa anak tersebut memiliki bakat berenang yang luar biasa.

“Pas ada lomba renang, saya ikut sertakan saja dia,” ujar Edhy. Hasilnya pun cukup memuaskan, yakni mampu berada di posisi ketiga. (Republika)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s