Presiden akan tinjau pembangunan pos perbatasan Entikong

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan meninjau dan melihat pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana yang turut serta dalam rombongan itu mengatakan kunjungan Presiden ke Entikong adalah untuk memastikan pembangunan PLBN tersebut sesuai rencana.

Saat berbicara di peresmian Jembatan Pak Kasih Tayan, Sanggau, Selasa (22/3), Presiden menyampaikan bahwa PLBN tidak boleh kalah dengan kawasan di negara tetangga.

“Perbatasan ini jendela kita, kita harus punya kebanggaan,” ujar Presiden.

Presiden sudah menerima laporan bahwa lebar jalan di kawasan PLBN yang tadinya hanya lima meter kini telah menjadi 20 meter.

Tidak hanya jalan dilebarkan, tapi Presiden juga meminta terminal dibesarkan, kantor yang berada di situ juga harus diperbaiki, seperti kantor Bea Cukai dan kantor Imigrasi.

“Semua pekerjaan sekarang ini saya cek, saya cek, saya cek lagi agar kualitasnya jelas, agar kualitas betul sesuai dengan yang kita keluarkan,” ujar Presiden.

Setelah berkunjung ke Entikong, Presiden dan Ibu Negara Iriana akan kembali ke Pontianak untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Internasional Juwata, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Presiden akan meresmikan Bandara Internasional Juwata, yang terletak hanya sekitar 3,5 kilometer dari pusat kota dan memiliki runway dengan panjang 2250 meter serta lebar 45 meter.

Bandara ini sudah didarati oleh pesawat berbadan sedang dari Boeing dan Airbus, juga ATR serta pesawat-pesawat kecil seperti Caravan dan melayani penerbangan ke kota besar di antaranya Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, juga ke kota-kota kecil, seperti Berau, Nunukan, Malinau, dan Tanjung Selor.

Setiap hari ada sekitar 40 pergerakan pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 3.000 orang.

Usai meresmikan Bandara Internasional Juwata pada petang hari, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di Balikpapan, Presiden akan bermalam untuk esok harinya melanjukan kunjungan kerja. (antara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s