Presiden Targetkan Jalan Tol Kalimantan Rampung 2018

JASMEV — Presiden Joko Widodo menginginkan pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan segera rampung. Ia menargetkan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda ini rampung dua tahun mendatang.

“Diharapkan seluruhnya Insya Allah akan selesai pada 2018,” kata pria yang akrab disapa Jokowi saat meninjau proyek pembangunan jalan tol Seksi V Balikpapan-Samarinda yang terletak di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kamis (24/3/2016).

Menurut Jokowi, proyek pembangunan dimulai sejak 2010. Namun, proyek harus terhenti. Jokowi akhirnya meminta Gubernur Kalimatan Timur kembali memulai proyek ini.

“Saya paksa dengan Pak Gub untuk dimulai lagi kemarin pada November 2015,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Saat ini, kira-kira ruas sepanjang 27 km sedang dikerjakan dengan dana dari APBD dan APBN, sementara sisanya diserahkan kepada investor. Sejumlah ruas ditargetkan rampung pada April tahun depan.

“Pembebasan lahan selesai 85 persen jadi kurang sedikit, tapi kita ini bekerja sambil berkejar-kejaran, pembebasan berkejaran dengan konstruksi,” jelas dia.

Presiden berkunjung ke lokasi tersebut untuk memastikan proyek telah kembali dimulai pengerjaannya. Presiden tak kecewa karena memang proyek sudah kembali berjalan sejak kurang lebih lima bulan lalu.

Presiden juga mendapatkan laporan, konstruksi sudah selesai sepanjang 7,6 km dan total investasi nantinya kurang lebih Rp13 triliun. (metrotvnews)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s