Kemendagri Ingin Setiap Makam Dilengkapi Buku Pokok Pemakaman

JASMEV — Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri I Gede Suratha menuturkan, Kementerian Dalam Negeri tengah mengusahakan agar semua makam memiliki buku pokok pemakaman.

Terobosan tersebut, lanjut Gede, salah satunya didasari pada kesulitan dalam mencoret nama pemilih di Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4) karena tak semua orang yang meninggal memiliki akta kematian.

Akta kematian tersebut menjadi dasar bagi Dirjen Dukcapil mencoret nama seseorang dari DP4 karena sudah meninggal.

“Dengan adanya buku ini, maka setiap yang meninggal akan otomatis terdaftar dan terlaporkan ke Dinas Dukcapil,” kata Gede di Kantor Dirjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2016).

Sementara itu, menurut Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrulloh, pihaknya telah mengirimkan surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) supaya hasil pencocokan dan penelitian (coklit) segera dilaporkan ke Kemendagri untuk dimasukkan ke database.

Surat Edaran Nomor 472.12/2701/Dukcapil tentang Peningkatan Pencatatan Peristiwa Kematian pun telah dikeluarkan pada 17 Maret 2016 lalu dan disebarkan ke wilayah.

Dia pun menargetkan pada 2019, pencatatan kematian sudah lebih rapi. Jika pencatatan kematian sudah rapi, lanjut Zudan, maka pencocokan dan penelitian tak lagi dibutuhkan.

“Di Indonesia yang paling sulit itu pelaporan kematian. Ini paling rendah, maka setahun ini kita dorong,” ujar Zudan. (kompas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s