Mensos Desak Pemda Se-Indonesia Sediakan Safe House Bagi Anak Jalanan

JASMEV — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendesak pemerintah daerah di seluruh Indonesia agar segera menyiapkan safe house bagi anak jalanan. Hal tersebut diperlukan karena potensi terjadinya penelantaran anak di Indonesia masih sangat tinggi.

“Potensi kemungkinan anak-anak ditelantarkan juga sangat signifikan. Mudah-mudahan dalam waktu sesegera mungkin,” kata Khofifah di sela kunjungannya ke Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (28/3/2016).

“Kalau ada anak yang kemudian diketahui ada yang ditelantarkan, dieksploitasi dan kemudian apabila ditangani Dinsos dan kepolisian lalu tidak ada safe house-nya maka mereka juga akan tidak tahu anak ini akan diasuh di mana. Maka penyiapan safe house oleh Pemda menjadi sangat mendesak sekali,” jelasnya.

Khofifah juga mengapresiasi aksi sweeping pengemis dan anak jalanan oleh anggota Polres Jakarta Selatan. Menurutnya aksi tersebut harus menjadi percontohan bagi Polres lain di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan Polres Jakarta Selatan bisa dilakukan Polres Polres lainnya di daerah,” tutur Khofifah.

Dalam aksi sweeping yang telah dilakukannya, Polres Jaksel berhasil mengungkap modus eksploitasi anak jalanan. Kemudian ditetapkan dua orang sebagai tersangka atas dugaan eksploitasi anak di bawah umur.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s