RI-Swiss Tingkatkan Kerja Sama Di Sektor Transportasi

JASMEV — Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Swiss sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi khususnya di sektor transportasi dan energi.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan Wakil Presiden Swiss Doris Leuthard bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo sebagai upaya untuk meningkatlan kerja sama ekonomi.

Dalam rombongan Wakil Presiden Swiss tersebut juga terdapat 10 pelaku usaha yang bergerak di industri transportasi mulai perkeretaapian, truk dan penerbangan serta pelaku usaha yang bergerak di bidang energi.

Presiden RI Joko Widodo, kata Retno, mengaku senang dengan adanya peningkatan perdagangan bilateral kedua negara yang meningkat 102% pada 2015 dibandingkan tahun sebelumnya. “Kita sepakat untuk tingkatkan investasi, khususnya investasi Swiss di Indonesia,” katanya di Istana Merdeka, Rabu (30/3/2016).

Dia menambahkan saat ini sudah ada 150 perusahaan asal Swiss yang telah beroperasi di Indonesia. Besok, Kamis (31/3/2016), lanjut Retno, akan ada penandatanganan kerja sama di bidang transportasi antar kedua negara.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membenarkan jika besok akan dilakukan penandatanganan kerja sama di bidang transportasi antar kedua negara. “Besok kita perbahurui air service agreement antara Swiss dengan Indonesia,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya pembaharuan kerja sama tersebut diharapkan penerbangan dari Indonesia ke Swiss atau sebaliknya akan lebih banyak. Selain pembaharuan itu, lanjutnya, besok juga akan ada pembicaraan soal industri perkeretaapian dan penerbangan antara Indonesia dan Swiss. (bisnis.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s