Jokowi: Reformasi Fiskal Harus Dituntaskan

JASMEV — Reformasi anggaran masih menjadi pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan oleh pemerintah. Salah satunya, pemangkasan belanja operasional dan belanja modal nonprioritas.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (7/4/2016), Presiden menyampaikan, reformasi dalam perencanaan dan penganggaran harus terus dilancarkan. Menurutnya, masalah anggaran adalah wewenang menteri dan pimpinan lembaga dan tidak boleh diserahkan ke bawahan.

“Sekali lagi, hal-hal yang lama mengenai rancangan anggaran tidak boleh lagi disusun merata. Fokus pada apa yang kita kerjakan. Tidak perlu banyak program, konsen pada program yang jelas dan bermanfaat bagi rakyat, dan menciptakan multiplier efek kepada dunia usaha dan masyarakat,” kata Jokowi.

Dia menambahkan, efisiensi juga diperlukan mengingat bakal ada revisi APBN 2016, khususnya belanja operasional dan belanja modal yang bukan prioritas, seperti mobil.

Dia menegaskan, menteri dan pimpinan lembaga harus merapikan nomenklatur dan anggaran yang bersayap dan absurd. “To the point saja. Istilah yg berkaitan dengan pemberdayaan dan peningkatan, hilangkan. Langsung masuk kepada hal yang ingin kita lakukan,” lanjutnya.

Terakhir, Presiden Jokowi meminta ada penguatan kerja sama, sinergi antar kementerian/lembaga, diiringi penajaman program prioritas yang brdampak signifikan, serta integrasi dan konsolidasi sumber pendanaan. (bisnis.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s