Kembangkan Blok Masela, Jokowi: Perlu 12.000 Sarjana Teknik

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan diperlukan sebanyak 12.000 sarjana teknik untuk mengembangkan lapangan migas abadi Blok Masela di Provinsi Maluku.

Presiden mengatakan Blok Masela membutuhkan tenaga kerja berlatar belakang teknik perminyakan, geologi, dan bidang lainnya.

“Jangan sampai Sumber Daya Manusia yang ada tidak siap. Nanti yang masuk dari luar daerah,” kata Presiden saat meresmikan sejumlah pelabuhan di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (6/4).

Tim Komunikasi Presiden (TKP) Sukardi Rinakit melalui pernyataan tertulis mengatakan, Presiden telah memerintahkan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berdedikasi baik. Rencananya, pengembangan Blok Masela akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

Dia mengatakan, ketersediaan tenaga trampil berpendidikan teknik dari daerah sangat diperlukan untuk membantu investor yang akan mengembangkan blok kaya migas itu.

“Persiapkan dari sekarang. Apabila terdapat tambang emas di daerah itu, maka anak-anak harus memulai kuliah mengambil jurusan pertambangan. Seandainya terdapat sumber minyak, maka anak-anak dipersiapkan dengan mengambil jurusan perminyakan atau geologi,” kata Presiden Jokowi. (SP/beritasatu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s