Ingin Tambah Pendapatan Petani, Kominfo Kenalkan Aplikasi Khusus

Pada hari ini, Senin (11/4/2016), Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Sub Terminal Agribisnis (STA) Desa Larangan Brebes.

Dalam acara ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memperkenalkan beberapa aplikasi smartphone khusus untuk petani, yaitu Petani, Tanihub, Lima Kilo, dan Pantau Harga. Ekosistem UMKM online Indonesia yang bernama Nurnaya Initiative juga diperkenalkan pada saat yang sama.

Dengan memperkenalkan aplikasi khusus untuk petani, diharapakan pendapatan petani juga meningkat. Sebuah studi yang dilakukan dilakukan di 26 negara di luar Eropa oleh sebuah perusahaan konsultasi menunjukkan, teknologi selular dapat meningkatkan pendapatan petani sebesar 11 persen.

Alasan mengapa pemerintah fokus pada sektor pertanian adalah karena data dari BPS menunjukkan bahwa dari tahun 2003 sampai 2013, Indonesia telah kehilangan 5 juta petani. Ini menyebabkan penurunan kontribusi sektor pertanian yang cukup signifikan.

Dalam waktu 10 tahun, kontribusi sektor pertanian telah menurun hingga triliunan. Dengan diluncurkannya aplikasi untuk petani ini, diharapkan, kontribusi sektor pertanian akan dapat kembali meningkat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara percaya bahwa teknologi selular bisa menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi oleh petani saat ini.

“Pemerintah sangat ingin memajukan Petani Indonesia dan aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini dibuat khusus untuk meningkatkan produktifitas para Petani,” kata Rudiantara. Dia menyebutkan pemerintah akan mendorong gerakan nasional “Petani dan UMKM Indonesia Go Digital” karena dia merasa, teknologi maju harus dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s