Esok Presiden Jokowi bertemu Raja dan PM Belanda

JASMEV — Menteri Luar Negeri mengungkapkan Presiden Jokowi bertolak Kamis malam waktu setempat dari markas besar Uni Eropa di Brussels, Belgia, menuju Den Haag, Belanda, dengan salah satunya bertemu dengan Raja dan Perdana Menteri Belanda.

Presiden Jokowi adalah presiden pertama Republik Indonesia yang mengunjungi Belanda setelah 16 tahun. Presiden Abdurrahman Wahid adalah presiden terakhir yang berkunjung ke Belanda pada 2000.

Jumat keesokan harinya Presiden Jokowi akan menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Raja Belanda Willem-Alexander.

Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan terpisah dengan Ratu Maxima dalam kapasitasnya sebagai Penasihat PBB untuk masalah ekonomi inklusif.

Selain bertemu dengan para petinggi Belanda, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi Pelabuhan Rotterdam dan menghadiri forum bisnis Belanda-Indonesia yang akan menghasilkan sejumlah komitmen kurang lebih senilai 601,2 juta dollar AS.

“Kita fokuskan untuk kerja sama yang terkait dengan bidang maritim dan bidang pengelolaan air, keunggulan Belanda adalah di dua bidang itu,” kata Retno. (antara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s