Jokowi Minta Perjanjian 6 Proyek Strategis Ditandatangani di Istana Besok

JASMEV — Pekerjaan konstruksi sejumlah Proyek Strategis dan Prioritas Nasional bakal segera dilaksanakan. Proyek yang terdiri dari pembangunan infrastruktur pembangkit listrik dan jalan tol ini bakal dikerjakan sejalan dengan ditandatanganinya financial close.

Financial close adalah penanda dana pinjaman yang telah disepakati dapat segera dicairkan. Semula, prosesi penandatangan tersebut bakal diselenggarakan di Graha Sawala, Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian hari ini.

“Namun karena hari ini Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo) memanggil para menteri untuk mengikuti rapat terbatas, maka acara hari ini ditunda dan akan dilaksanakan besok di Istana Negara,” ujar Sekretaris Menko PerekonomianLukita Dinarsyah Tuwo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Adapun acara hari ini sendiri menyangkut 6 proyek Strategis dan Prioritas Nasional. Pertama adalah PLTU Batang, Jawa Tangah, lalu ada Penandatanganan Perjanjian 5 proyek Jalan Tol meliputi Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Pandaan-Malang, Jalan Tol Serpong-Balaraja dan Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung.

Sempat hadir dalam acara ini adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno,

Tampak telah hadir pula Direktur Utama PT PLN Persero Sofyan Basir, Direktur Utama PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra.

Acara hari ini sebenarnya punya peranan penting. Karena, dengan terselenggaranya acara pada hari ini diharapkan proyek-proyek tersebut dapat segera berjalan pekerjaan konstruksinya dalam waktu dekat.

“Setelah financial close perlu ada penyesuaian DIPA (daftar isian penggunaan anggaran) sekitar 1 bulan. Setelah itu dana bisa cair dan bisa lanjut konstruksi,” ujar Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna ditemui di sela acara. (detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s