Presiden Jokowi Buka Pesta Kesenian Bali

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (11/6) membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar dengan melepas pawai budaya. Presiden Jokowi mengakatan bahwa PKB ini bukan hanya festival semata tetapi momentum kegiatan pendidikan, kebudayaan, dan meningkatan perekonomian rakyat.

“Saya sangat gembira pada sore hari ini bisa berada di sini, di Pulau Dewata, di Bali dan momentum kali ini Pesta Kesenian Bali yang ke-38 sangat ditunggu-tunggu oleh rakyat, masyarakat dan turis-turis mancanegara,” kata Jokowi dalam sambutannya saat membuka sekaligus melepas pesta kesenian tahunan itu.

Menurut Jokowi, acara kesenian yang diadakan di Bali selain sebagai media pendidikan juga dapat menggerakan ekonomi masyarakat Bali. Karena itu pihaknya sangat barharap kegiatan di PKB ini selain untuk melestarikan kebudayaan Bali juga untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Dalam acara tersebut, Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian tradisional beskap khas Bali berwarna hitam dan mengenakan udeng-udeng di kepalanya. Sementara itu, Ibu Negara mengenakan pakaian kebaya khas Bali berwarna jingga.

Kepala Negara selain menyaksikan pawai kesenian yang ditampilkan masing-masing kesenian khas kabupaten di Bali, juga disuguhkan penampilan daerah lain seperti dari NTT serta peserta pawai dari luar negeri seperti dari Prancis, India dan Timor Leste.

Prof Dr Made Bandem selaku komentator pawai mengatakan, kiikutsertaan peserta pawai dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia menunjukkan bahwa PKB bali bukan hanya untuk konsumsi lokal, melainkan nasional dan internasional. “Inilah yang menjadi keunikan PKB karena disamping untuk melsetarikan kebudayaan Bali juga ada inovasi dan berbaur dengan kebudayaan dunia,” ujar mantan Rektor ISI Yogya dan juga Rektor ISI Denpasar.

Berjalan kaki

Presiden Jokowi tampak tersenyum ceria ketika menyampaikan pidatonya dan menyapa tamu undangan dan masyarakat Bali yang menghadiri pawai PKB ke-38.Bahkan ia pun menyapa masyarakat Bali dengan menggunakan bahasa Bali. “Punapi gatra sareng sami? Dumogi rahajeng sinamian,” jelasnya di di Depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akhirnya sampai di lokasi kegiatan Pawai Pesta Kesenian Bali ke-38 di Depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali, Sabtu (11/6). Bersama dengan Ibu negara Iriana Jokowi, Jokowi berjalan mulai dari timur Bajra Sandhi bersama rombongan dan melambaikan tangannnya ke undangan dan masyarakat yang melihat.

Tampak hadir pula menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anis Baswedan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Agama, Lukman Hakim, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika bersama Ibu Ayu Pastika, dan bupati/walikota se-Bali serta tamu kerhormatan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Dari pantauan SP, tidak hanya masyarakat Denpasar yang menikmati sajian kesenian tersebut, tetapi juga terlihat para turis mancanegara berkerumun menonton pawai seni. Di akhir penampilan peserta pawai, Jokowi sengaja berbaur ikut dalam peserta dari Kabupaten Gianyar yang tampil terakhir selain kabupaten lainnya. (beritasatu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s