Jasmev: Secara Implisit, Jokowi Nyatakan Pilihan untuk Dukung Ahok Sudah Benar

JASMEV — Koordinator Jasmev, Kartika Djoemadi, menyatakan Presiden Joko Widodo secara implisit mendukung sikap relawannya yang kini mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju pada Pilkada DKI 2017.

Pada Rabu (22/6/2016), sejumlah relawan Jokowi bertemu untuk membahas sikap mereka menjelang Pilkada 2017. Di, sapaan Kartika, menyebut seolah relawan Jokowi itu terbelah.

“Pada hari Rabu, relawan Jokowi adakan pertemuan. Kelihatannya relawan Jokowi seolah terbelah, ada yang dukung Ahok, ada yang kontra,” ujar Di dalam acara buka puasa bersama Garda PemudaNasdem dengan Ahokers di Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2016) malam.

Setelah relawan Jokowi mengadakan pertemuan tersebut, Di menyebut Jokowi memanggil para koordinator relawannya. Namun, Jokowi tidak secara eksplisit menginstruksikan relawannya untuk mendukung Ahok.

“Hari ini Pak Jokowi merespons. Pak Jokowi tidak akan memberikan instruksi ‘ayo, relawan Jokowi dukung Ahok’, kan enggak mungkin. Pak Jokowi seorang presiden sekarang, harus netral, tidak akan memberikan instruksi secara eksplisit,” kata dia.

Meski begitu, dari perbincangan antara Jokowi dan para koordinator relawannya, Jokowi secara implisit menyatakan bahwa sikap para relawannya dalam mendukung Ahok merupakan sikap yang tepat.

“Tetapi, dari perbincangan kami secara implisit itu terlihat bahwa pilihan kami sudah benar, yaitu mendukung Ahok sebagai gubernur,” ucap Di.

Menurut dia, banyak relawan Jokowi yang mendukung Ahok meskipun atas nama kelompok relawan mereka belum mendeklarasikan dukungan tersebut.

“Dari 2012, waktu itu kami dukung Jokowi-Ahok. Ada Batman (Basuki Tjahaja Purnama Mania) dulunya Joman (Jokowi Mani). Ada juga Seknas Jokowi, Projo (Pro Jokowi), meskipun secara institusi mereka belum mendeklarasikan dukungan untuk Ahok, tapi secara individu mereka sudah,” tutur dia. ( kompas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s