Jokowi: Polri Harus Berubah, Jangan Ada Lagi Pungutan Liar dan Makelar Kasus

JASMEV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Polri melakukan reformasi internal dalam menjalankan tugasnya. Korps Bhayangkara juga diminta menjaga kekompakan dan soliditas internal.

“Ke depan tugas Polri akan semakin berat. Tapi saya yakin Polri akan mampu hadapi tugas itu. Syaratnya ada dua, pertama, menjaga kekompakan, menjaga soliditas internal Polri. Yang kedua, niat kita untuk mereformasi diri,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam buka puasa bersama di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Jokowi menekankan, reformasi Polri sangat penting dilakukan di seluruh tingkatan. Reformasi diminta Jokowi dilakukan mulai dari sistem rekrutmen hingga pelayanan ke masyarakat.

“Mulai dari sistem rekrutmen hingga pelayanan Polri di masyarakat. Mulai dari perubahan mental, sampai perubahan perilaku anggota Polri. Muaranya adalah perilaku yang lebih profesional, lebih berintegritas dan bertanggungjawab,” sambungnya.

Dengan cara tersebut, Jokowi meyakini kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin besar. Peningkatan pola kerja dan pelayanan Polri akan menunjukkan perubahan citra Polri untuk pengabdian terhadap rakyat.

“Perubahan itu betul-betul konkret dan nyata terhadap pengabdian Polri kepada rakyat. Tidak ada lagi pungutan, tidak ada lagi makelar kasus, tidak ada lagi diskriminasi dalam upaya penegakkan hukum dan perlindungan masyarakat,” sambung dia.

Selain itu Polri diminta meningkatkan sinergi dengan lembaga penegak hukum lain. Dengan begitu, para penegak hukum dapat bekerja sama menuntaskan perkara-perkara hukum dengan maksimal.

“Sebagai Bhayangkara negeri yang tidak kalah penting adalah keikhlasan Polri untuk menekan ego sektoral dan meningkatkan kerja sama antar lembaga, dengan KPK, dengan Kejaksaan. Kejahatan hanya bisa diperangi, kejahatan hanya bisa diberantas apabila kita bersatu,” katanya.

“Semoga di hari Bhayangkara yang ke-70, Polri semakin andal, dicintai rakyat dan dicintai masyarakat dan reformasi internal Polri berputar semakin cepat,” tutur Jokowi. (detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s