Jokowi Terpopuler Di Asia Tenggara

JASMEV — Presiden Joko Widodo tercatat sebagai pemimpin di Asia Tenggara terpopuler. Akun sosial media kepunyaan Presiden Indonesia ke-7 itu memiliki jumlah pengikut dan penyuka terbanyak mengalahkan pemimpin negara-negara lain di Asia Tenggara, seperti Presiden Filipina terpilih, Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak. Melalui akun media sosialnya, Presiden Jokowi dapat menyapa dan berinteraksi langsung dengan masyarakat tanpa harus bertatap muka seperti blusukan yang biasa dilakukannya.

Setelah pada 21 Juni 2015 merilis akun Facebook dan Twitter @Jokowi, Presiden terpilih pada Pemilu 2014 tersebut melucurkan laman YouTube pada Sabtu (28/5) di Istana Bogor. Presiden Jokowi seperti dikutip Tempo.co, mengatakan penggunaan cara-cara baru –media sosial– sangat penting sebagai sarana pemerintah menyampaikan informasi serta sebagai media berkomunikasi dengan masyarakat. Selain itu juga berfungsi untuk menyebarkan perdamaian dan toleransi.

Pemimpin dunia kini kerap menggunakan media sosial sebagai sarana sosialisasi program-program pemerintah. Burson-Marsteller, firma kehumasan dan komunikasi global, hingga awal Januari 2016 mencatat sebanyak 90 persen pemerintahan memiliki akun resmi dan 87 kepala negara, 82 kepala pemerintahan, serta 51 menteri luar negeri juga memiliki laman pribadi di Facebook.  Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi pemimpin dunia paling populer dengan 48,8 juta penyuka di Facebook. AdapunPresiden Jokowi menempati peringkat kedua terpopuler di Asia dan keempat di dunia setelah Obama, Narendra Modi (PM India), Recep Tayyip Erdogan (Presiden Turki). Besarnya jumlah populasi negara turut mendongkrak popularitas para pemimpinnya di Facebook. (KataData)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s