Jokowi: Tanpa Kreativitas dan Kerja Keras, Bangsa

JASMEV — Presiden Jokowi berharap pameran lukisan Istana bertajuk ’17/71: Goresan Juang Kemerdekaan’ dapat menjadi inspirasi bangsa. Menurut Jokowi, bangsa ini harus kembali menjadi kreatif untuk menghadapi tantangan ke depan.

“Sebab tantangan ke depan semakin berat dan tidak mudah tanpa optimisme, tanpa semangat gotong royong, tanpa semangat kerja keras, tanpa kreativitas yang tinggi bangsa ini akan digulung oleh arus sejarah dan ini kita tidak mau,” tutur Jokowi di Galeri Nasional, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Jokowi menyebut Istana memiliki sekitar 3.000 lukisan. Pada pameran ini ada 28 lukisan yang lulus kurasi untuk dipamerkan.

“Insya Allah semakin banyak koleksi lukisan dan benda seni Istana yang bisa dinikmati masyarakat. Semoga langkah tersebut bisa menjadi bagian dari tugas kita untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang yang berdaulat yang mandiri, berdikari, berdaya saing dan sejahtera,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, ada banyak nilai perjuangan yang bisa dipetik dari lukisan-lukisan yang dipamerkan. Dia berharap generasi muda bisa mengapresiasi karya seni para maestro seni lukis Indonesia sejak zaman kolonial ini dan terinspirasi untuk berkarya.

“Mereka (pelukis) bisa membangun, bisa membayangkan, membangun imajinasi yang indah tentang bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia tentang sopan santun dan kehalusan budi masyarakat Indonesia dan tentang peradaban kita, Indonesia,” kata Jokowi.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s